Skripsi Ipa Pendidikan Biologi BAB III a.k.a. Contoh Artikel Skrpsi Tentang Biologi

Posted by devilito on Friday, May 28, 2010

BAB III

METODE PENELITIAN


 

Dalam menyelesaikan suatu masalah atau persoalan dituntut untuk mempunyai cara penyelesaian, demikian pula halnya dengan permasalahan skripsi ini. Penulis akan mempergunakan cara atau metode pendekatan sebagai berikut:


 

A. Jenis Penelitian

Penelitian ini termasuk kategori penelitian "eksperimental". Karena untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel lain (terikat) dilakukan manipulasi dalam artian bahwa data yang terambil merupakan hasil perlakuan yang dilakukan pada sampel penelitian.


 

B. Variabel Penelitian

Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu; media gambar sebagai variabel indefenden (variabel bebas) yang selanjutnya disebut faktor X, prestasi belajar IPA-Biologi sebagai variabel defendant (variabel terikat) yang selanjutnya disebut faktor Y.


 


 

C. Definisi Operasional

Untuk memahami judul skripsi ini, berikut dipaparkan beberapa batasan operasional yang dianggap perlu.

1.    Pengaruh adalah daya yang ada atau yang timbul dari (orang, benda dan sebagainya) yang berkuasa atau berkekuatan (W.J.S. Purwadarminto, 1990).

2.    Media gambar adalah alat bantu yang digunakan sebagai penyampai pesan atau informasi terhadap bahan ajar.

3.    Prestasi belajar IPA-Biologi adalah pencapaian pengajaran yang diperoleh peserta didik sebagai tujuan pengajaran.


 

D. Populasi dan Sampel

Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini, akan diperlukan obyek penelitian secara keseluruhan yang disebut populasi.

Suharsimi Arikunto (1992: 102) mendefinisikan populasi sebagai berikut: Populasi adalah keseluruhan obyek penelitian. Apabila seorang meneliti semua elemen yang ada di dalam penelitian, maka penelitiannya disebut atau merupakan penelitian populasi. Studi atau penelitiannya disebut populasi atau studi sensus.

Populasi juga mengandung arti adalah sekumpulan penduduk yang dimaksudkan untuk diteliti/ diselidiki disebut populasi atau universum populasi dibatasi sebagai sejumlah atau individu yang paling sedikit sifat yang sama (Hadi: 220).

Berangkat dari pengertian di atas, maka populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD *yang berjumlah kurang lebih 315 siswa terdiri 7 kelas (kelas 1 terdiri 2 kelas, sedang kelas 2 – 6 masing-masing 1 kelas).

Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas V dan kelas VI yang terambil secara teknik cluster random sampling.


 

E. Instrumen Penelitian

Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah test. Namun demikian, pedoman wawancara kadangkala digunakan untuk mengetahui tanggapan para guru terhadap metode penggunaan media gambar. Dalam pelaksanaan penelitian ini dilakukan setelah proses belajar mengajar berlangsung, baik terhadap kelompok perlakuan maupun terhadap kelompok kontrol.


 

F. Prosedur Pengumpulan Data

Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui tahapan kerja :

1.    Persiapan test

Persiapan test dilakukan setelah proses belajar mengajar dengan menggunakan media gambar telah dilakukan. Kemudian disusunlah soal-soal untuk mengetahui hasil yang diperoleh. Disamping itu, dibuatkan pula pedoman wawancara yang dipersiapkan memperoleh informasi secara langsung dan spontan dari guru maupun siswa.

2.    Pelaksanaan test

Dalam pelaksanaan test sedapat mungkin diciptakan kondisi dimana test dapat berlangsung dengan baik. Pengawasan yang ketat dilakukan hal ini dimaksudkan agar hasil yang diperoleh setiap siswa betul karena pelaku proses belajar mengajar dengan media gambar, bukan dengan buka buku atau menyontek.

3.    Wawancara

Dalam penelitian ini, selain menggunakan test tertulis juga digunakan pedoman wawancara yang tujuannya untuk mengetahui efektivitas penggunaan media gambar oleh guru, juga mengetahui jawaban para siswa secara spontan, sehingga data lebih valid dan dapat dipercaya bila dibanding melalui test tertulis yang dapat dispekulasi oleh siswa.


 


 

4.    Pendataan

Pendataan yang dimaksud adalah pemeriksaan hasil pekerjaan siswa yang disesuaikan dengan kunci jawaban, dimana skor yang diperoleh siswa merupakan gambaran prestasi belajar mereka khususnya pada bidang studi IPA-Biologi.


 

G. Teknik Analisis Data

Untuk mencapai tujuan penelitian, maka data yang telah terkumpul diolah dengan cara analisis data, dengan menggunakan beberapa metode, sebagai berikut:

1. Induktif, yaitu suatu cara berpikir dengan jalan memecahkan persoalan dengan berpijak dari hal-hal yang bersifat khusus, kemudian menarik kesimpulan yang bersifat umum.

2. Deduktif, yaitu suatu metode yang digunakan dengan berpedoman pada hal-hal yang bersifat umum, kemudian memperoleh kesimpulan yang bersifat khusus.

3. Komparatif, yaitu mengadakan perbandingan dengan pokok masalah kemudian menarik kesimpulan.

Disamping menggunakan metode pengolahan data tersebut di atas, data yang telah terkumpul dalam penelitian ini juga diolah secara kuantitatif dan dianalisis dengan teknik analisis varian satu faktor.

Didalam pengujian analisis ini, digunakan statistik chi-kuadrat 1 pihak dengan rumus :