Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Silabus Bahasa Daerah kelas IX (Jawa)


SILABUS

 

Nama Sekolah        : SMP PGRI 2 Somagede
Mata Pelajaran    : Bahasa Jawa    
Kelas/Semester    : IX/I

 

Standar Kompetensi 1 : Mendengarkan


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1 Mendengarkan dan memahami isi pidato adat
Pidato adat
  • Mampu menyebutkan dan menuliskan topik pidato adat yang didengar
  • Mampu menceritakan kembali isi pidato yang didengar dengan bahasa sendiri
  • Mampu membuat rangkuman isi pidato
  • Mendengarkan pidato adat
  • Menentukan topic pidato yang didengar
  • Membuat rangkuman isi pidato yang didengar
Tertulis lisan
2 x 40 menit
  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan
1.2 Mendengarkan dan memahami isi sandiwara radio
Sandiwara radio
  • Mampu menyebutkan dan menuliskan topic sandiwara radio yang didengar
  • Mampu membuat rangkuman cerita sandiwara yang didengar
  • Mampu memperagakan tokoh dari cerita sandiwara yang didengar
  • Mendengarkan sandiwara radio
  • Merangkum isi cerita sandiwara radio yang didengar
  • Memperagakan tokoh yang ada dalam cerita sandiwara
Tertulis lisan
2 x 40 menit
  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan
1.3 Mendengarkan dan memahami tembang macapat
Tembang macapat
  • Mempu menjelaskan dan menuliskan isi tembang
  • Mampu menyebutkan dan menuliskan nilai-nilai yang terkandung dalam tembang macapat
  • Menyanyikan salah satu tembang macapat
  • Mengubah syair tembang macapat menjadi prosa
  • Menemukan pesan yang terkandung dalam tembang macapat
Tertulis lisan
2 x 40 menit
  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan
1.4 Mendengarkan dan memahami isi sandiwara radio
Sandiwara radio
  • Mampu menyebutkan dan menuliskan perwatakan tokoh dalam cerita sandiwara yang didengar
  • Mampu membuat rangkuman cerita sandiwara yang didengar
  • Mendengarkan sandiwara radio
  • Menyebutkan watak tokoh dalam sandiwara yang didengar
  • Membuat rangkuman cerita sandiwara yang didengar
Tertulis lisan
2 x 40 menit
  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan

 

Standar Kompetensi 2 : Berbicara
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
2.1 Berdialog dengan berbagai lapisan masyarakat
Dialog
  • Mempu berkomunikasi/berdialog dengan orang lain, baik secara tertulis maupun lisan dengan menggunakan kalimat perintah dan permintaan yang baik dan benar sesuai dengan unggah-ungguh basa yang benar
  • Mengubah bahasa dalam dialog, dari basa karma menjadi basa ngoko
  • Memperagakan dialog dengan teman
Tertulis praktek
2 x 40 menit
  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan
2.2 Menceritakan kembali isi ceramah/bacaan yang didengar (missal : bacaan tentang cerita rakyat, dan sebagainya)
Cerita rakyat
  • Mampu menyampaikan ringkasan cerita/bacaan dengan berbagai ragam bahasa jawa
  • Mampu menjelaskan isi bacaan
  • Membaca ceita rakyat
  • Menceritakan isi berita rakyat
  • Membuat ringkasan cerita (synopsis)
Tertulis lisan
2 x 40 menit
  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan
  • Mampu menceritakan peristiwa actual dalam berbagai ragam bahasa jawa
  • Mampu memberikan tanggapan terjadap peristiwa-peristiwa actual
  • Menceritakan salah satu peristiwa yang baru terjadi di Indonesia
  • Memberikan tanggapan terhadap peristiwa actual
Tertulis lisan
2 x 40 menit
  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan
  • Mampu berkomunikasi/berdialog dengan orang lain, baik secara tertulis maupun lisan dengan menggunakan kalimat perintah dan permintaan yang baik dan benar sesuai unggah-ungguh yang benar
  • Mampu menuliskan wacana dialog sesuai dengan unggah-ungguh bahasa jawa
  • Menerangkan isi dialog
  • Mengubah bahasa dalama dialog menjadi basa krama alus
Tertulis lisan
2 x 40 menit
  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan

 


 


 


 


 


 


 

Standar Kompetensi 3 : Membaca
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.1 Membaca nyaring (bersuara) teks bacaan sastra, misalnya tentan panyandra
Teks bacaan sastra
  • Mampu membaca bacaan dengan lafal, intonasi, dan irama yang sesuai
  • Mampu menjelaskan maksud bacaan
  • Mengungkapkan maksud dari bacaan yang dibaca
  • Menjelaskan maksud dari contoh candra
Tertulis lisan
2 x 40 menit
  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan
3.2 membaca dan memahami bacaan sederhana berhuruf jawa kurang lebih 15 kalimat (3 alinea)
Bacaan menggunakan huruf jawa
  • Mampu membaca lancar bacaan sederhana berhuruf jawa
  • Mampu menceritakan isi bacaan dengan berbagai ragam bahasa jawa
  • Mampu menulis kembali bacaan dengan huruf latin
  • Mampu menjawab pertanyaan bacaan
  • Membaca bacaan berhuruf jawa
  • Menjawab pertanyaan
  • Menjelaskan maksud/isi bacaan menggunakan bahasa sendiri
  • Menyalin/menulis huruf jawa menjadi huruf latin
Tertulis praktek
2 x 40 menit
  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan
3.3 Membaca bacaan sastra (missal :geguritan, cerkak, dongeng, dan sebagainya)
Bacaan sastra
  • Mampu membaca indah sebuah karya sastra
  • Mampu menceritakan isi bacaan dengan berbagai ragam bahasa jawa
  • Mampu menulis susastra ringan/sederhana
  • Membaca cerkak
  • Menceritakan kembali isi bacaan dengan bahasa sendiri
  • Membuat ringkasan cerkak menggunakan basa karma alus
  • Menulis susastra sederhana
Tertulis praktik
2 x 40 menit
  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan
3.4 Membaca dalam hati (tidak bersuara) dan memahami isi bacaan, missal tentang tata cara dan upacara adat, dan sebagainya
Bacaan tatacara dan upacara adat
  • Mampu menyebutkan dan menuliskan topic bacaan
  • Mampu menjawab pertanyaan bacaan baik secara tertulis dan lisan
  • Mampu menyebutkan dan menuliskan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam bacaan
  • Membaca bacaan tentang ruwatan
  • Menjawab pertanyaan
  • Membuat synopsis
  • Menyebutkan dan menuliskan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam bacaan
Tertulis lisan
2 x 40 menit
  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan

 

Standar kompetensi 4 : Menulis
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
4.1 Menulis susastra sederhana, (missal:cerkak, geguritan, dongeng, dan sebagainya)
Cerita cekak
  • Mampu menulis sastra sederhana dalam berbagai ragam bahsa jawa
  • Membuat karangan yang isinya menceritakan pengalaman pribadi
Tertulis
2 x 40 menit
  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan
4.2 Menulis susastra sederhana, (missal:cerkak, geguritan, dongeng, dan sebagainya)
Geguritan
  • Mampu menulis sastra sederhana dalam berbagai ragam bahsa jawa
  • Membuat geguritan dengan bahasa daerah masing-masing
Tertulis
2 x 40 menit
  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan
4.3 Menulis susastra sederhana, (missal:cerkak, geguritan, dongeng, dan sebagainya)
Dongeng
  • Mampu menulis sastra sederhana dalam berbagai ragam bahsa jawa
  • Membaca dongeng
  • Menyebutkan isi dongeng
  • Membuat dongeng
Tertulis lisan
2 x 40 menit
  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan
4.4 Menulis susastra sederhana, (missal:cerkak, geguritan, dongeng, dan sebagainya)
Cerita cekak
  • Mampu menulis sastra sederhana dalam berbagai ragam bahsa jawa
  • Membuat cerita cekak dengan tema bebas
  • Mencari cerkak di majalah
  • Menulis rangkuman cerkak
Tertulis praktik
2 x 40 menit
  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan

 


 

Standar kompetensi 4 : Menulis
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
5.1 Mengapresiasi susastra jawa. Misal :geguritan, tembang, cerkak, dongeng, cerita wayang, dan sebagainya
Tembang Dhandang gula "Tripama"
  • Mampu membuat rangkuman isi bacaan
  • Mampu menulis kembali bacaabdengan berbagai ragam bahasa jawa yang benar
  • Mengetahui isi tembang dhandang gula tripama
  • Membuat synopsis tembang tripama
Tertulis
2 x 40 menit
  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan
5.2 Mengapresiasi susastra jawa. Misal :geguritan, tembang, cerkak, dongeng, cerita wayang, dan sebagainya
Tembang sinom Malatsih
  • Mampu menulis kembali cerita dalam bentuk tulisan lain, misal prosa
  • Mampu menuliskan isi/pesan menembangkan tembang macapat
  • Mengubah tembang sinom menjadi prosa
  • Menembangkan tembang sinom Milatsih
  • Menuliskan pesan menembangkan tembang macapat
Lisan
Tertulis
2 x 40 menit
  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan
5.3 Mengapresiasi susastra jawa. Misal :geguritan, tembang, cerkak, dongeng, cerita wayang, dan sebagainya
Cerkak
  • Mampu menceritakan kembali isi cerita dalam berbagai ragam bahasa jawa
  • Mampu menjelaskan dan menuliskan isi/pesan bacaan
  • Mampu membuat rangkuman isi bacaan
  • Membaca bacaan
  • Menceritakan kembali isi cerita
  • Menjelaskan dan menuliskan isi dan pesan bacaan
  • Membuat rangkuman isi bacaan
Tertulis lisan
2 x 40 menit
  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan
5.4 Mengapresiasi susastra jawa. Misal :geguritan, tembang, cerkak, dongeng, cerita wayang, dan sebagainya
Cerita wayang
  • Mampu menceritakan kembali isi cerita dalam berbagai ragam bahasa jawa
  • Mampu menjelaskan dan menuliskan isi/pesan bacaan
  • Membaca cerita wayang
  • Menceritakan isi cerita dengan bahasa daerah
  • Menuliskan pesan yang ada dalam cerita wayang
Tertulis lisan
2 x 40 menit
  • Buku Padha Seneng Basa Jawa IX
  • Buku lain yang relevan

 


 


 


 


 

    Mengetahui    Somagede, Juli 2009
    Kepala Sekolah    Guru Mata Pelajaran

 


 


 

    SYAKIM HIDAYAT    WARTINI, S.Pd