Silabus Bahasa Daerah kelas IX (Jawa)
SILABUS
Nama Sekolah : SMP PGRI 2 Somagede
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Semester : IX/I
Standar Kompetensi 1 : Mendengarkan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Mendengarkan dan memahami isi pidato adat |
Pidato adat
|
|
|
Tertulis lisan
|
2 x 40 menit
|
|
1.2 Mendengarkan dan memahami isi sandiwara radio |
Sandiwara radio
|
|
|
Tertulis lisan
|
2 x 40 menit
|
|
1.3 Mendengarkan dan memahami tembang macapat |
Tembang macapat
|
|
|
Tertulis lisan
|
2 x 40 menit
|
|
1.4 Mendengarkan dan memahami isi sandiwara radio |
Sandiwara radio
|
|
|
Tertulis lisan
|
2 x 40 menit
|
|
Standar Kompetensi 2 : Berbicara
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
2.1 Berdialog dengan berbagai lapisan masyarakat |
Dialog
|
|
|
Tertulis praktek
|
2 x 40 menit
|
|
2.2 Menceritakan kembali isi ceramah/bacaan yang didengar (missal : bacaan tentang cerita rakyat, dan sebagainya) |
Cerita rakyat
|
|
|
Tertulis lisan
|
2 x 40 menit
|
|
|
|
Tertulis lisan
|
2 x 40 menit
|
| ||
|
|
Tertulis lisan
|
2 x 40 menit
|
|
Standar Kompetensi 3 : Membaca
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.1 Membaca nyaring (bersuara) teks bacaan sastra, misalnya tentan panyandra |
Teks bacaan sastra
|
|
|
Tertulis lisan
|
2 x 40 menit
|
|
3.2 membaca dan memahami bacaan sederhana berhuruf jawa kurang lebih 15 kalimat (3 alinea) |
Bacaan menggunakan huruf jawa
|
|
|
Tertulis praktek
|
2 x 40 menit
|
|
3.3 Membaca bacaan sastra (missal :geguritan, cerkak, dongeng, dan sebagainya) |
Bacaan sastra
|
|
|
Tertulis praktik
|
2 x 40 menit
|
|
3.4 Membaca dalam hati (tidak bersuara) dan memahami isi bacaan, missal tentang tata cara dan upacara adat, dan sebagainya |
Bacaan tatacara dan upacara adat
|
|
|
Tertulis lisan
|
2 x 40 menit
|
|
Standar kompetensi 4 : Menulis
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
4.1 Menulis susastra sederhana, (missal:cerkak, geguritan, dongeng, dan sebagainya) |
Cerita cekak
|
|
|
Tertulis
|
2 x 40 menit
|
|
4.2 Menulis susastra sederhana, (missal:cerkak, geguritan, dongeng, dan sebagainya) |
Geguritan
|
|
|
Tertulis
|
2 x 40 menit
|
|
4.3 Menulis susastra sederhana, (missal:cerkak, geguritan, dongeng, dan sebagainya) |
Dongeng
|
|
|
Tertulis lisan
|
2 x 40 menit
|
|
4.4 Menulis susastra sederhana, (missal:cerkak, geguritan, dongeng, dan sebagainya) |
Cerita cekak
|
|
|
Tertulis praktik
|
2 x 40 menit
|
|
Standar kompetensi 4 : Menulis
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
5.1 Mengapresiasi susastra jawa. Misal :geguritan, tembang, cerkak, dongeng, cerita wayang, dan sebagainya |
Tembang Dhandang gula "Tripama"
|
|
|
Tertulis
|
2 x 40 menit
|
|
5.2 Mengapresiasi susastra jawa. Misal :geguritan, tembang, cerkak, dongeng, cerita wayang, dan sebagainya |
Tembang sinom Malatsih
|
|
|
Lisan
Tertulis
|
2 x 40 menit
|
|
5.3 Mengapresiasi susastra jawa. Misal :geguritan, tembang, cerkak, dongeng, cerita wayang, dan sebagainya |
Cerkak
|
|
|
Tertulis lisan
|
2 x 40 menit
|
|
5.4 Mengapresiasi susastra jawa. Misal :geguritan, tembang, cerkak, dongeng, cerita wayang, dan sebagainya |
Cerita wayang
|
|
|
Tertulis lisan
|
2 x 40 menit
|
|
Mengetahui Somagede, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
SYAKIM HIDAYAT WARTINI, S.Pd